Dahsyatnya Tamparan Sego Tempong Khas Banyuwangi

Nasi Tempong Khas Banyuwangi

BANYUWANGI - Kuliner asal dan asli Banyuwangi yang satu ini memang terkenal karena cita rasa pedasnya yang luar biasa. Saking pedasnya, penikmatnya sampai merasakan sensasi di wajah hingga ke seluruh bagian tubuh. Bagi orang Banyuwangi, sensasi makan nasi ini seperti kena tampar.

Tidak mengherankan bila kuliner ini disebut dengan nama nasi tempong. Tempong merupakan kata dalam bahasa Osing yang artinya menampar. Sepintas memang nasi tempong serupa dengan kebanyakan masakan umum. Penyajiannya, berupa nasi putih dengan lalapan sayur, seperti sayur sawi bayam, limun, terong, dan kemangi. Setelah itu, ditambah lauk pauk, seperti tahu, tempe, ayam, ikan asin, atau sesuai selera penikmatnya. Yang membedakan hanya di bagian sambalnya.

Pengolahan sambal sego tempong menggunakan ranti. Ranti itu dipadu dengan bahan berupa cabai rawit, jeruk limau, dan terasi khusus. Biasanya, terasi itu terbuat dari ikan atau teri. Itulah yang menjadi pembeda sego tempong khas Banyuwangi.

Pedasnya sambal sego tempong diakui Yeri Susentia. Dalam kunjungannya ke Banyuwangi beberapa waktu lalu, pria asal Padang itu mengacungi jempol kelezatan dan kedahsyatan sego tempong. "Selain di Padang, baru di sini saya makan sampai keringatan kayak gini. Sembilan nilainya untuk sego tempong,” ujarnya.

Pedas nasi tempong juga diakui Yeri cukup awet. Bibir rasanya seperti terbakar, telinga serasa berbunyi nguing-nguing setelah menyantap makanan ini. Satu gelas teh yang dipesan tidak mampu meredakan ledakan sambal sego tempong yang disantap. Dia pun perlu tiga gelas teh untuk meredakan rasa pedas yang dia rasakan.

Padahal, awalnya Yeri cukup terkejut dengan komposisi menu yang disajikan dalam menu nasi tempong. Dia meminta diberi ikan laut, tahu, tempe, dan kerupuk. Selain itu, timun dan kemangi.

Suapan pertama dia langsung cocok. Tidak sampai lima belas menit, satu porsi sego tempong habis. Yang membuatnya semakin terkejut, harganya terjangkau. "Rasanyra cocok tapi harganya murah. Pas banget," ujarnya. (RaBa)

Related Posts:

0 Response to "Dahsyatnya Tamparan Sego Tempong Khas Banyuwangi"

Posting Komentar