Pelantun Lagu Udan Awu Tutup Usia

Alif, Pelantun Lagu Udan Awu Tutup Usia

KABAT - Seniman Banyuwangi kembali berduka. Kali ini dunia seni kehilangan sosok penyanyi kendang kempul, Alif S. Penyanyi kendang kempul yang populer melalui tembang "Udan Awu" itu meninggal kemarin (3/4) di usia 57 tahun.

Setelah sekitar satu tahun berjuang dengan penyakit jantung, akhirnya penyanyi yang populer sampai awal tahun 2000- an itu meninggal di kediaman temannya di Dusun Kejoyo, Desa Tambong, Kecamatan Kabat.

Berdasar keterangan yang disampaikan sahabat Alif bernama Shella, almarhum tiba di rumahnya sekitar 22 hari lalu. Saat itu seorang tukang ojek dari Rogojampi mengantarkan Alif dalam kondisi sakit. Padahal, Alif memiliki saudara dan keluarga di Kecamatan Genteng. Tetapi, dia malah diantar ke rumahnya. "Kata tukang ojeknya, Alif minta diantar ke rumah saya. Katanya saya ini keluarganya. Iya benar saya ini teman yang seperti saudara," kata Shella ,46.

Selama 22 hari itu Shella membawa Alif ke puskesmas, termasuk menguruskan BPJS untuk temannya tersebut. Menurut dokter yang memeriksa Alif, pria yang juga mempopulerkan lagu "Cemeng-Cemeng Manggis" itu menderita penyakit jantung.

Shella mengatakan, Jumat (3/4) pukul 05.30 kemarin Alif batuk-batuk sebanyak dua kali. Saat itu kondisi kamar Alif masih gelap karena lampunya dimatikan, ketika Shella menghidupkan lampu, dia terkejut melihat mulut Alif keluar darah. "Melihat itu saya langsung berteriak memanggil orang-orang. Kemudian, banyak orang datang melihat Alif," kenang Shella.

Kemudian, jenazah Alif dikebumikan setelah salat Jumat sekitar pukul 13.30. Beberapa penyanyi kendang kempul yang sempat satu era dengan almarhum Alif, seperti Sumiyati, Kumala Dewi, Subari, Andi Lufti, dan Yuliatin, tampak mengiringi kepergian penyanyi bernama asli Khoirul Alif tersebut.

Ibunda Alif, Masratik Akim, 72, turut mengiringi jenazah hingga dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Kejoyo, Desa Tambong. Sementara itu, ketika sakit, Alif sempat rekaman empat lagu. Dua lagu di antaranya sudah melalui proses pengambilan gambar video klip. Lagu-lagu tersebut berjudul "Tukang Becak, Kembut-kembut, Amin-Amin dan Malam Minggu"

"Rencananya Alif akan kita ajak nyanyi bareng di acara Gending Osing Banyuwangi tanggal 12 April nanti hersama penyanyi kendang kempul lama. Guna mengenang kepergian almarhum, kita akan menyanyikan lagunya Mas Alif," ujar Kumala Dewi, salah satu kerabat dan penyanyi kendang kempul. (RaBa)

Related Posts:

0 Response to "Pelantun Lagu Udan Awu Tutup Usia"

Posting Komentar