Komunitas: Menyatu Lewat Yoga

Cahaya Inner Beauty Yoga Banyuwangi

Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti penyatuan, yakni penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta.

Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa. Seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat umumnya mengenal yoga sebagai aktivitas latihan. Utamanya asana (postur) bagian dari hatta yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif. Biasanya hal itu dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh, dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5.000 tahun.

Kini yoga tak hanya dilakukan umat Hindu. Komunitas yoga telah merambah lintas agama, budaya, dan negara. Beragam komunitas yoga telah berdiri. Salah satunya Cahaya Inner Beauty Yoga Banyuwangi.

Sejak dua pekan lalu Cahaya lnner Beauty Yuga memulai latihan yoga di Pantai Boom, Banyuwangi. Puluhan peserta yang rata-rata wanita dari berbagai latar belakang profesi itu belajar olah gerak tubuh hingga lentur. Dengan beralas matras beberapa gerakan yoga dasar mulai diperagakan. Iringan musik relaksasi menjadi bagian dari olah raga yang membutuhkan keseimbangan itu.

Trainer Yoga Cahaya lnner Beauty, Nurhayani, menjelaskan saat ini di Banyuwangi sudah mulai terbentuk komunitas yoga. Diakui, mengenalkan yoga tidak semudah aerobic. "Oleh karena itu, kami mengenalkan yoga ini lebih bersifat universal jauh dari pengaruh agama, sekte, dan kelompok tertentu. Kami di sini belajar mendapatkan semua manfaat yoga," kata Nurhayani.

Dikatakan, berlatih yoga setiap hari dapat bermanfaat bagi kesehatan. Yoga tidak hanya membantu mengendalikan penyakit, tapi juga berperan penting dalam mencapai relaksasi dan kebugaran fisik. Manfaat yoga, di antaranya menghilangkan depresi dan stress, mengendalikan hipertensi, menyehatkan jantung, dan osteoarthritis. Yoga juga bisa menurunkan berat badan. "Nah, manfaat Yoga untuk kesehatan itulah yang kita cari untuk diri kita sendiri," terang wanita berjilbab itu.

Nurhayani menambahkan, di dalam Yoga ada delapan tahap yang disebut astangga. Kedelapan astangga itu adalah yama (pengendalian), niyama (peraturan), asana (sikap tubuh), pranayama (latihan pemapasan), patayahara (menarik semua indriya ke dalam), dharana (memusatkan diri), dhyana (merenungkan diri), dan samadhi (menyatu/merealisasikan diri). "Melakukan yoga memang harus didampingi instruktur agar tidak salah penerapan," pungkas Nurhayani. (RaBa)

Related Posts:

0 Response to "Komunitas: Menyatu Lewat Yoga"

Posting Komentar